Pancur Aji, Karya Indah Tangan Tuhan - JELAJAH INDONESIA

Kumpulan tempat wisata indah dan unik di Indonesia

Pancur Aji, Karya Indah Tangan Tuhan

Share This
IMG_20170507_173006
 Pusat tempat mandi dan air terjun Pancur Aji

Pancur Aji, Karya Indah Tangan Tuhan. Ketika berbicara Kalimantan Barat, ternyata memang tidak ada habis-habisnya terlebih lagi untuk tempat wisata yang menghiasi setiap daerahnya.

Kali ini saya akan sedikit membahas Sanggau. Tempat ini juga tidak kalah menarik dari tempat kondang lainnya, banyak tempat wisata yang menggugah jiwa untuk segera menikmatinya. Beragam tempat wisata yang dapat dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga kampung wisata pun ada.

Beberapa waktu lalu kebetulan saya berkesempatan untuk mengunjungi satu diantara tempat wisata favorite disana. Wisata Pancur Aji, tempat ini sudah dikenal banyak orang, baik lokal maupun regional. Tempat ini memang udah akrab ditelinga masyarakat bahkan disebut-sebut wisata unggulan.

Menurutku wajar saja orang sangat suka, karena tampilannya sangat menarik. Jalan menuju pusat wisatanya saja udah menggelitik untuk segera dinikmati. Pepohonan rindang menjulang indah membuat udara terasa segar. Penataannya juga tidak kalah menarik, sehingga orang sengaja berhenti terlebih dahulu disana sebelum akhirnya sampai ditempat tujuan.

IMG_20170507_164136
Tempat persinggahan pertama, wahana bermain dan bersantai.

Disini juga disediakan wahana bermain untuk anak-anak, seperti seluncuran, kursi dan lainnya. Sehingga banyak orang singgah terlebih dahulu dan bermanja dengan alam semesta.

Tapi perhatian akan teralihkan ketika melanjutkan perjalanan, dari kejauhan sudah terdengar desiran air yang siap menyambutmu. Dari tempat parkiran saja bebatuan sudah menyapa dan ingin segera diajak bermanja. Perjalanan dari parkiran menuju pusat tempat mandi pun sangat menggoda, ada beberapa kali lewat jembatan mungil yang cocok untuk mengambil gambar diri.

IMG_20170507_171126
Hamparan bebatuan dihulu riam dengan hiasan pohon-pohon disekitarnya.

Ternyata udah sampai ke pusat pemandian, desiran air semakin dekat dengan telinga. Tandanya semakin ingin menyentuh secara langsung, airnya begitu segar dan dingin. Suasana tambah mesra dengan hamparan batu yang tersusun indah dari hulu sampai ke hilir. Bebatuan ini juga membuat aliran air semakin sempurna.

Hamparan batu dan aliran air yang memikat hati ini dihiasi lagi dengan pohon yang tumbuh dengan manjanya disekitaran riam, pohon-pohon berdiri kokoh dan rapi membuat sekitaran aliran air tambah menyejukkan jiwa.

Karena tempat ini sungguh menawan, sehingga banyak orang datang untuk menyentuhnya secara langsung. Tidak jarang juga dijadikan tempat liburan keluarga atau komunitas. Meski begitu, keasrian lingkungan tetap terjaga. Dan menariknya, ada larangan-larangan unik agar pengunjung tidak berbuat semaunya ditengah hutan belantara.

IMG_20170507_165624
Papan larangan kawasan wisata Pancur Aji

RUTE PERJALANAN

Untuk bisa mencapai tempat ini harus melewati beberapa titik. Saya akan memberikan rute dari Pontianak. Bagi kamu yang mengawali perjalanan dari Pontianak, kemudian menuju simpang ampar, lalu belok ke arah batang tarang. Setelah itu akan sampai ke sosok. Dari sana lanjut lagi ke Bodok dan barulah sampai ke Sanggau. Lalu setelah ke Sanggau itu cari saja Jl. Pancur Aji dan kita akan digiring hingga sampai ke tempat tujuan ( Jika kesulitan bisa bertanya kepada warga sekitar ).

Pontianak => Simpang Ampar => Batang Tarang => Sosok => Bodok => Sanggau => Jl. Pancur Aji => Wisata Pancur Aji

BIAYA

Jika berbicara biaya sebenarnya tergantung kita menggunakan kendaraan apa. Tetapi jika menggunakan motor siapkan saja sekitar 100.000,- untuk bensin pulang pergi. Lalu siapkan juga uang makan dan jajan seperlunya. Biaya masuk gratiss.....

TIPS

Karena tempat ini ada ditengah hutan, usahakan jangan sampai malam. Tetap jaga kebersihan dan patuhi peringatan yang ada. Meski akses jalannya bagus, tetapi ada beberapa titik punya tanjakan yang lumayan tinggi sehingga tetap berhati-hati dan konsentrasi ketika bawa motor. Disana juga telah disediakan tempat bilas dan toilet jadi tak perlu kawatir untuk mandi.

Selamat berwisata..
Mari Jelajahi Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages