Pantai Pulau Datok, Tempat Menikmati Angin Segar di Sukadana - JELAJAH INDONESIA

Kumpulan tempat wisata indah dan unik di Indonesia

Pantai Pulau Datok, Tempat Menikmati Angin Segar di Sukadana

Share This
Pantai Pulau Datok

Bicara soal keindahan pantai memang tak akan ada habis-habisnya. Karena pantai selalu menawarkan keindahannya setiap saat, apalagi senjanya. Dimanapun pantai berada, senjanya selalu indah dan memesona.

Kalimantan Barat menjadi kepingan surga yang terlihat. Banyak sekali tenpat indah di sini, mulai dari pantai, air terjun, bukit, hingga pulau yang membentang alam semesta. Bicara soal pulau, Kalbar memiliki banyak keunggulan karena tak kalah dengan daerah lain.

Salah satunya adalah Pantai Pulau Datok. Berada di Sukadana, Kayong Utara. Tempat ini menjadi saksi festival nasional yang bertajuk Sail Karimata 2016 dengan menghadirkan berbagai elemen untuk terlibat dan menyaksikan keindahan Kalbar dari dekat.

Pelataran Pulau Datok


Pantai Pulau Datok jika dilihat sekilas memang seperti pantai pada umumnya, tetapi ada yang unik. Selain ada pantai yang dapat dinikmati sebagai tempat diving, Pantai Pulau Datok juga menjadi spot terbaik memancing. Bagi yang hobi mancing, disini tempatnya.

Selain itu juga, terdapat pulau-pulau kecil yang mengitari tempat ini. Kehadiran pulau kecil ini menambah keindahan dari Pantai Pulau Datok sehingga dapat menjadi alternatif jalan-jalan bersama teman sehobi.

Saya yang baru pertama kali bertandang ke tempat ini merasa kagum karena keindahan yang dipancarkan begitu memesona. Hampir-hampir tak mampu berkedip mata memandangnya. Kami memulai perjalanan dipesisir pantai, memandangi setiap sisi yang ada. Terdapat warung-warung untuk bersantai dan menikmati angin di siang hari.



Sunset di Pulau Datok


Tak mau ketinggalan, teman-teman saya memilih bermain cano sembari mencari spot diving. Sepertinya memang menyenangkan tetapi waktu tak mengizinkan saya ikut sehingga hanya dapat memandangi dari jauh saja. Tapi, kelihatannya mereka sangat antusias dan menyelesaikan misi untuk diving d Pulau Datok.

Perasaan sendu karena tak bisa ikut diving, saya pun mulai berkeliling dan akhirnya mendapatkan spot untuk menggantung hammock. Banyak pohon-pohon berjejer rapi sehingga boleh dimanfaatkan untuk hammock-an. Anginnya sangat menggoda, kami terdiam dan akhirnya tertidur. Betapa asrinya tempatnya, udaranya segar dan tentunya membuat hati semakin rindu.

Hammock-an sudah usai dan bermain cano juga usai, sekarang saatnya menikmati air kelapa muda khas pantai. Sembari menunggu sunset, sang cinta yang dinanti, kami menyediakan waktu bersenandung ria di pelataran pantai. Karena dekat dengan hutan, di Pantai Pulau Datok juga biasanya ada monyet berkeliaran tetapi hanya di pantai paling ujung sayap kiri.

Sunset Pulau Datok
Sunset yang dinanti kini telah tiba. Begitu indah, sangat cantik. Memang senja selalu menawarkan kecantikkannya agar siapa saja yang melihat menjadi candu dan rindu. Mereka akan datang lagi untuk kembali menikmati keindahan itu.

Puas sudah bermain di Pantai Pulau Datok, pekat malam mulai muncul. Akan lebih nikmat jika ada acara bakar-bakar ikan. Kebetulan ini adalah daerah pesisir sehingga banyak iklan yang nikmat untuk di santap. Dua ekor ikan toman pun menjadi sasaran untuk di bakar malam itu. Semua selesai dan Pulau Datok selesai dinikmati.

Pantai Pulau Datok
Pantai Pulau Datok ini dapat didatangi dengan tiga jalur, air, darat dan udara. Jika memutuskan menggunakan jalur air maka boleh dengan speedboat dari Pontianak tujuan Sukadana, perjalanan kurang lebih 5 jam. Sedangkan jika lewat darat dapat dengan kendaraan pribadi dari Pontianak ke Sukadana, perjalanan bisa hingga 12 jam.
Jika ingin lebih cepat, dapat menggunakan pesawat dari Pontianak ke Ketapang. Kemudian transit lagi dari Ketapang ke Sukadana, perjalanan kurang lebih 3 jam.
Untuk biaya, kurang dari 500.000,-






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages