Menikmati Kesederhanaan dan Kekeluargaan di Rumah Panjang Saham, Landak - JELAJAH INDONESIA

Kumpulan tempat wisata indah dan unik di Indonesia

Menikmati Kesederhanaan dan Kekeluargaan di Rumah Panjang Saham, Landak

Share This



Menikmati taman bunga di Rumah Panjang Saham


Kalimantan Barat itu kaya, memiliki segalanya. Bahkan, Kalbar digadang-gadang sebagai miniaturnya Indonesia.
Karna Kalabr terdiri dari beragam suku maupun agama dan budaya. Tidak hanya itu saja, Kalbar juga memiliki tempat wisata yang unik dan menarik.

Bicara soal Kalbar, maka akan kental dengan budayanya. Kalbar juga dikenal dengan penduduk dengan Suku Dayak yang dominan, tetapi sekarang hampir sama jumlahnya dengan Suku Melayu dan Cina.

Salah satu spot foto terbaik, menampilkan kearifan lokal

Tetapi, Suku Dayak ini memiliki ciri khas tersendiri yakni Rumah Panjang. Tempat hidup keluarga satu rumpun yang tinggal di bangunan yang sama. Biasanya, setiap Kabupaten memiliki satu rumah panjang yang masih di huni.
Kabupaten Landak, salah satunya. Memiliki rumah panjang yang cukup tua tetapi masih terawat dan kini di huni puluhan kepala keluarga.

Bagian depan Rumah Panjang Saham

Terletak di Saham, tidak jauh dari pusat Kecamatan Sengah Temila yakni di Pahauman, berdiri kokoh rumah Panjang.
Tempat ini menjadi saksi sejarah perkembangan masyarakat adat di wilayah tersebut.

Hingga sekarang, rumah panjang ini selalu dikunjungi oleh wisatawan, baik regional maupun nasional hingga internasional. Letaknya di tengah hutan tetapi akses jalan yang bagus menjadi daya tarik tersendiri. Selain dapat menikmati rayuan pepohonan di jalanan, angin segar juga siap memanjakan tubuh.

Foto bersama teman lebih baik

Tidak heran jika orang memutuskan liburan di Rumah Panjang Saham ini. Mereka hanya sekedar ingin menikmati kesederhanaan dan kekeluargaan yang ditampilkan di daerah tersebut.

Saya sendiri sangat senang berkunjung ke Rumah Panjang Saham, alamnya masih asri, sejuk dan mendamaikan jiwa. Berkali-kali meluangkan waktu untuk datang dan terus datang karena semesta terus memanggil. Masyarakatnya juga ramah dan membuat hati semakin rindu, haus dahaga ingin menikmati asiknya ngobrol bersama.

Swafoto juga menarik

Saat paling nikmat berkunjung adalah ketika Naik Dango atau syukuran hasil panen padi. Makanan berlimpah, hidangan khas juga dapat dinikmati. Biasanya acara ini berlangsung setiap tanggal 27 April. Maka tak heran banyak insan yang ingin datang.

Selain itu, banyak tempat yang bagus untuk diabadikan dalam sebuah foto. Menyenangkan sekali dapat bercumbu dengan alam dan saksi sejarah seperti Rumah Panjang Saham ini.
Saya rindu, ingin datang kembali.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages