Saka Ampat, Wisata Tersembuyi di Binua Landak - JELAJAH INDONESIA

Kumpulan tempat wisata indah dan unik di Indonesia

Saka Ampat, Wisata Tersembuyi di Binua Landak

Share This
IMG_20170423_141414


Saka Ampat, Wisata Tersembuyi di Binua Landak. Kalimantan Barat (Kalbar) yang dikenal sebagai satu diantara penyumbang oksigen untuk dunia memang kaya akan hutan dan pepohonan yang masih asri. Selain itu, kekayaan lainnya adalah Kalbar memiliki banyak tempat wisata khususnya wisata alam.

Ketika membahas wisata alam, saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman yang pernah dilalui saat menikmati satu diantara wisata alam yang ada di Senakin, Kabupaten Landak. Tempat ini memang belum akrab ditelinga masyarakat luar karena memang baru dibuka sejak tahun 2017 awal.

IMG_20170423_143903

Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke suatu tempat yang akrab disapa Saka Ampat yang amat indah. Meski ketika perjalanan menuju tempat ini rasanya hati deg-deg kan karena jalanannya cukup ektreme. Wajar saja, untuk sampai ke puncak kita harus melewati beberapa kali tanjakan dengan jalanan tanah kuning berhiaskan bebatuan sehingga sedikit memacu adrenalin.

Tapi, semua itu terhapuskan seketika karena tempat ini memang  menaburkan sejuta pesona yang membuat mata saya rasanya tidak mau berkedip kala memandang keindahannya. Ditambah lagi dengan suasana sejuk sehingga hati terasa damai.

IMG_20170423_150539_HDR

Ketika sampai dipuncak, kita akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang tersusun rapi yang membuatnya tambah sempurna. Selain itu, dari kejauhan juga kita melihat hamparan hijau dari sawah yang dibajak oleh warga sekitar dan tampak indah. Tidak hanya itu, seluruh perumahan wargapun terlihat sempurna dari puncak bukit ini.

Karena keindahannya, banyak orang menghabiskan waktu untuk menikmati alam yang tidak akan dijumpai ditempat mana pun. Dengan tempat yang masih baru ini, sehingga pengunjung hanya dari warga sekitar saja dan paling jauh dari Pontianaka. Padahal memang tempat ini cocok bagi mereka yang menyukai wisata alam.

IMG_20170423_142242

RUTE PERJALANAN

Untuk sampai ditempat ini cukup mudah, bisa dimulai dari Pontianak, kemudian Sungai Pinyuh, lanjut lagi ke Anjungan. Lalu ke Senakin dan masuk ke Desa Andeng, terus ke dusun Pakatan dan tibalah di Saka Ampat.

Pontianak => Sungai Pinyuh => Anjungan => Senakin => Andeng => Dusun Pakatan => Saka Ampat.

BIAYA

Sedangkan biaya yang dibutuhkan tidak lah besar, cukup sediakan saja uang transport dan uang jajan. Yaa..secukupnya sajalah, tergantung kebutuhan sahabat traveker.

TIPS

Jika akan berangkat kesana, siapkan stamina dan kendaraan dengan kondisi baik karena jalannya lumayanan menegangkan, banyak tanjakan tinggi dan bebatuan serta dibawahnya ada jurang ( kalau tidak terbiasa dengan jalan kurang bagus sebaiknya bawa yang biasa aja ). Disana atas bukit dan tidak ada orang jualan, tetapi tidak jauh dari situ ada kampung yang jualan bahan makanan. 
Hati-hati aja lah dan ikuti aturan yang ada.

Selamat berwisata...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages