Wisata Hutan Mangrove di Mempawah Mangrove Park - JELAJAH INDONESIA

Wisata Hutan Mangrove di Mempawah Mangrove Park

Share This
14803234_1218692461535259_1069030663_o
Wisata Hutan Mangrove di Mempawah Mangrove Park. Manggrove atau yang kita kenal juga dengan sapaan akrab bakau ini berguna untuk menahan abrasi pantai. Maka tidak heran orang dipesisir selalu menanam bakau ini.

Penasaran dengan wisata yang sedang jadi incaran banyak orang di Mempawah, kami pun menyempatkan diri untuk berkunjung melihat pelangi - pelangi yang dinaungi pohon mangrove.

Hutan mangrove yang baru berumur sekitar 3 tahun ini sudah sering dikunjungi banyak orang karena memang sangat terkenal. Ketenarannya mencuat pada tahun 2016 karena baru resmi dibuka sebagai tempat wisata.

Ternyata, selain sebagai penahan abrasi, hutan mangrove pun dapat ditambah fungsinya sebagai tempat wisata.
20170211_171209
Hutan Mangrove Mempawah memang sedang menjadi primadona pariwisata, karena tempatnya terjangkau dekat dengan pusat Mempawah dan Pontianak. Maka setiap hari banyak orang berbondong-bondong datang kesana.

Udara segar yang ditawarkan menjadi pilihan ditengah panasnya bumi khatulistiwa. Selain kesegaran yang dipancarkan oleh hutan mangrove, pengelola juga mengolah tempat ini sedemikian rupa sehingga cocok dijadikan pilihan tempat wisata.

Jembatan untuk melintasi pepohonan dicat seperti pelangi sehingga sangat sedap dipandang mata. Tidak hanya itu saja, kami pun dengan bahagianya duduk santai dikursi yang telah disediakan pada banyak titik.

WhatsApp%2BImage%2B2017-04-20%2Bat%2B1.21.17%2BPM

Karena yang berkunjung tidak hanya orang dewasa, tetapi juga ada anak - anak, jadi memang telah disediakan wahana bermain untuk anak.

Bang Ian sapaan akrab dari seorang nelayan yang menggagas tempat ini ada mengatakan bahwa awalnya ia berpikiran ada baiknya memberikan sesuatu untuk kehidupan masyarakat yang rentan terkena serbuan air laut. Hari demi hari air semakin mendekati kediaman Bang Ian dan lainnya. 

Renungan itu muncul ketika perahu nelayannya hancur dihantam ombak. Bang Ian pun berkeinginan menanam bakau, meski bermodalkan niat dan kerjakeras akhirnya ia berhasil hingga ada yang mau mendanai beliau hingga pada akhirnya tempat ini dikelola menjadi tempat wisata yang di kenal dengan Mempawah Mangrove Center, di Desa Pasir , Mempawah Kalimantan Barat.


WhatsApp%2BImage%2B2017-04-20%2Bat%2B1.21.17%2B2

Sejak dibuka hingga sekarang, tempat ini selalu ramai. Ketertarikan pengunjung bertambah dengan adanya tempat yang disediakan untuk menikmati indahnya matahari tenggelam. 
Berbagai suguhan dapat dirasakan disini.

Udara segar, pemandangan indah membuat hati bahagia dan segala masalah hanyut bersama ombak yang beranjak pergi.

RUTE PERJALANAN

Untuk menuju tempat ini sangat mudah, perjalanan bisa dimulai dari Pontianak kemudian ke Sungai Pinyuh dan sampai ke Mempawah Mangrove Center

Pontianak => Sungai Pinyuh => Mempawah Mangrove Center

BIAYA

Biaya pun sangat murah, cukup dengan 5.000 udah bisa menikmati keindahan nya. Tapi siapkan juga ya uang untuk transportasi dan sesuaikan dengan jarak tempuh dari lokasi sahabat travekerindo.

TIPS

Untuk ke Mangrove ini tidak perlu khawatir karena aman dan nyaman. Hanya saja tetap jaga lingkungan sekitar karena ini adalah wilayah konservasi untuk menahan abrasi. Jangan coret-coret pohonnya, jangan petik daun, apalagi sampai patahkan dahan atau pohon. Jangan sesekali lakukan itu. Disana juga ada ibu - ibu jualan, tepat dipersinggahan pertama setelah loket tiket. Jadi siapkan uang jajan sekalian.

Selamat berwisata
Mari jelajah Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages