Danau Sentarum : Danau Langka dan Unik di Jantung Borneo (Part I) - JELAJAH INDONESIA

Kumpulan tempat wisata indah dan unik di Indonesia

Danau Sentarum : Danau Langka dan Unik di Jantung Borneo (Part I)

Share This

IMG_4720
Danau Sentarum dari ketinggian, Bukit Tekenang
Danau Sentarum : Danau Langka dan Unik di Jantung Borneo (Part I). Rintik hujan menghiasi perjalanan kami ketika akan menyusuri danau terluas di Kalimantan Barat. Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, kawasan Danau Sentarum ini pada tahun 1999 ditetapkan sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) yang terdiri dari pulau kecil dan besar.

Pada kawasan ini dipenuhi oleh Pohon Putat sehingga speed boat yang kami gunakan melintasi pohon-pohon ini. Kebetulan ketika berpergian bertepatan dengan musim penghujan sehingga air memenuhi kawasan danau tersebut.

IMG_4755
Kawasan Danau Sentarum


Rasanya amat menyenangkan berada di tempat sebagai Jantung Borneo ini dan mengamati langsung pusat sungai terpanjang di Indonesia, yakni Sungai Kapuas. Daerah ini lah yang mengatur arus air agar tidak terjadi penumpukan atau kekeringan di kawasan Sungai Kapuas.

Memiliki kawasan luas sekitar 132.000 hektar, Danau Sentarum memiliki daya tarik tersendiri untuk ekowisata yang siap menjamu para pengunjungnya. Keindahan danau yang luas menjadi daya tarik tersendiri karena tidak hanya bersentuhan langsung dengan kawasan asri, tetapi mata akan dimanjakan oleh jajaran pegunungan.

Selama perjalanan mengitari danau, tidak ada habis-habisnya keinginan kami untuk mengabadikan setiap spot foto maupun video. Tidak peduli juga dengan speedboat yang bergoyang karena hentakan ombak, rasa bahagia tak dapat terbendung kala menikmati surga kecil di tanah Borneo ini.

IMG_4660
Kawasan Guest House Bukit Tekenang


Untuk menikmati seluruh pemandangan indah ini, kami mendaki di Bukit Tekenang yang menjadi tempat favorite bagi wisatawan karena di sini sudah tersedia tempat mendaki yang mudah dijajal dan memiliki rumah kecil sebagai tempat mengabadikan indahnya Danau Sentarum dari ketinggian.

Di sini, kita akan disuguhkan panorama alam dengan angin segar nya dan jauh dari keramaian. Hanya ada beberapa rumah warga yang mengapung di danau. Namun, para pengunjung tidak perlu khawatir sebab sudah disediakan Guest House sebagai tempat beristirahat atau menginap.


IMG_4675
Pondok untuk pengambilan gambar Danau Sentarum dari ketinggian Bukit Tekenang


Fasilitas di Bukit Tekenang sederhana tapi bisa menjamu kebutuhan para wisatawan. Makanan khas masyarakat danau siap menjadi hidangan makan pagi hingga malam hari. Sebagai penghasil ikan toman, maka sudah pasti lidah akan digoyang dengan kenikmatan ikan toman bakar maupun asam pedam.

Rasa nya tidak perlu diragukan lagi, sangat lezaaatttttt..
Tempat menginap juga nyaman dan aman karena disertai ruangan besar dan kasur serta bantal yang dapat digunakan 5 hingga 10 orang dalam satu kamar.

IMG_4856
Perjalanan menyusuri Danau Sentarum dengan speedboat


Keindahan Danau Sentarum yang menarik perhatian para wisatawan lokal maupun internasional memang tidak mengecewakan. Kami seolah-olah sedang berada dalam dunia lain karena memang pemandangan seperti ini tidak akan ditemui pada belahan dunia manapun. Menurut data pariwisata Kapuas Hulu, setiap tahun pengunjung selalu bertambah karena banyak orang yang ingin melihat langsung indahnya karya Tuhan di tanah Borneo.

Lelah dan bosan tidak terasa meskipun hampir 20 jam menerjang perjalanan mulai dari Kota Pontianak hingga ke Putusibau dan dilanjutkan ke Lanjak sebagai titik akhir perjalanan darat sebelum menggunakan speedboat yang menjadi satu-satunya transportasi danau.

Wajar perjalanan agak lama karena kami kehabisan tiket pesawat dari Pontianak ke Putusibau. Padahal, ketika menggunakan transportasi udara, perjalanan hanya memerlukan waktu satu jam saja untuk sampai ke Putusibau dan dapat melanjutkan ke Lanjak dengan waktu tempuh 2 jam 30 menit.

IMG_4955
Hamparan bukit di kawasan Danau Sentarum


Perbedaan alokasi waktu antara jalur darat dan udara yang sangat signifikan ini karena Kapuas Hulu menjadi kabupaten penuntup Kalimantan Barat dan berbatasan langsung dengan Malaysia sehingga harus melewati beberapa kabupaten untuk bisa sampai di tempat tersebut.

Tetapi, para wisatawan tidak perlu khawatir karena akses jalan sudah bagus dan dapat menggunakan angkutan umum maupun mobil pribadi atau sepeda motor.
Untungnya, ketika menggunakan jalur darat, kita dapat menikmati keindahan alam di Sintang yakni Bukit Kelam sebagai icon Sintang. Keindahan Bukit batu ini cukup menarik perhatian dan menjadi tempat berfoto yang indah.

IMG_4529
Indahnya Danau Sentarum dengan bentangan bukit-bukit

Sekian dulu ceritanya, saya akan melanjutkan sisi lain Danau Sentarum pada postingan.

Selamat berwisata.
Tetap jaga dan lestarikan lingkungan.

1 komentar:

Pages